Dandim Letkol Berto: Pramuka Saka Wira Kartika Asah Karakter Pemuda

Minggu, 30 Oktober 2016 : 16.00
GIANYAR- Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto Capah, pembina Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar menegaskan keberadaan pramuka memiliki peranan penting dalam mengasah karakter pemuda di Tanah Air.

Hal itu disampaikan pada pelantikan Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar Minggu (30/10/2016).

Damdin dalam setiap kegiatan kepramukaan selalu menekankan kepada pelatih agar menyampaikan semua ilmu secara jelas dan dalam bahasa yang lugas dapat diserap secara cepat oleh anggota Pramuka‎ Saka Wira Kartika.

Disamping itu perlu penyampaian materi kebangsaan dan rasa cinta Tanah Air guna membangun dan menggugah kecintaan kepada Negara dan Bangsa yang berimplementasi pada nilai patriotisme kepada NKRI.

Juga, upaya pembangunan karakter pada pemuda-pemudi yang mengikuti Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar sehingga tidak menjadi insan yang antipati terhadap dinamika lingkungan.

sedangkan pada tenaga pelatih dan pengasuh ditekankan agar memberikan pelatihan secara maksimal untuk bekal dimasa depan bagi anggota Pramuka‎ Saka Wira Kartika karena sebelumnya tenaga pelatih dan pengasuh yang merupakan Bintara-bintara dianggap telah mempunyai skil ketrampilan dalam bidang masing-masing.

“Berikan yang terbaik kepada mereka, “ ucap Dandim Berto .

Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar tahun 2016 sebanyak 85 orang merupakan sebagian generasi muda dengan kemampuan ketrampilan serta berkepribadian luhur dengan semangat cinta tanah air.

Untuk itu, diharapkan dapat mewujud‎kan potensi wilayah yang disiapkan sebagai komponen cadangan yang merupakan motor penggerak dalam meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme dikalangan generasi muda dalam mengisi pembangunan masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Peran Kodim 1616/Gianyar diharapkan memunculkan generasi muda yang dapat menjadi suri tauladan dalam aktivitas dilingkungan guna mendukung pembangunan sumber daya manusia unggulan yang ditujukan bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Selama ini, kiprahnya  membentuk dan membina generasi muda melalui ‎organisasi kepramukaan membutuhkan generasi muda yang dapat menambah inventarisasi pelaku pendidikan kepanduan, seperti halnya organisasi Pramuka binaan Kodim 1616/Gianyar yaitu Pramuka Saka Wira Kartika.

Anggota‎ Saka Wira Kartika  merupakan siswa-siswi dari SMU yang berada di Kab.Gianyar dengan kesiapan bergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika guna mendapatkan pendidikan non formal kepanduan selain untuk membentuk watak, akhlak dan budi pekerti yang luhur.

Pembinaan Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar dilakukan untuk membekali pemuda pemudi yang mengikutinya dengan pengetahuan antara lain Pioner, Navigasi Darat, Karakter bangsa dan Kesehatan Lapangan,

secara utuh materi diatas merupakan ilmu yang telah lama diterapkan dalam organisasi Kepanduan/Kepramukan disemua Negara dan diharapkan dengan menyerap secara utuh maka praktek nyata dalam kehidupan dapat diterapkan dengan baik dan dapat berdaya guna.

Dalam prakteknya pemuda-pemudi Saka Wira Kartika memiliki animo cukup besar walaupun tetap dalam bimbingan pengasuh, pengasuh tetap memberikan dorongan moril.

"Tidak perlu malu dalam mencoba kegiatan pertanian yang saat ini cenderung ditinggalkan oleh generasi muda dengan memberikan pencerahan," katanya/

Saat ini sektor pertanian sedang digalakan oleh pemerintah untuk mendukung swasembada pangan menuju ketahanan pangan diwilayah sehingga dibutuhkan tenaga muda yang dapat intens dalam memahami bidang pertanian. (gek)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi