Bank Indonesia: Ekonomi Bali Membaik di Triwulan Ketiga

Selasa, 25 Oktober 2016 : 06.36
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana (foto:kabarnusa)
DENPASAR - Bank Indonesia mencatat dari tren dan indikator berbagai sektor pada triwulan ketiga tahun ini kinerja dunia usaha di Bali mengalami pertumbuhan ekonomi yang membaik.

Berbagai komoditas yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Bali seperti pada akmamin atau sektor akomodasi, makaanan dan minuman yang menopang pariwisata.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana menyatakan, kondisi membaiknya ekonomi Bali terungkap setelah dilakukan surevi kegiatan Usaha (SKDU).

Hasil survei menunjukkan perbaikan tercermin dsri banyaknya responden yang menjawab terjadinya peningkatan atau perbaikan yang dituangkan dalam Saldo Bersih Tertimbang (SBT) secara total dari 1,78 persen pada triwulan kedua 2016 menjadi 7,97 persen pada triwulan ketiga tahun 2016.

"Peningkatan kinerja terindikasi terjadi pada sektor utama perekonomian Bali seperti perdagangan, hotel dan restoran," sebut Iman dalam bincang dengan media di Denpasar Senin (24/10/2016).

Terjadi kenaikan SBT dari 4,31 persen pada triwulan kedua menjadi 4,92 persen di triwulan ketiga tahun ini.

Hal sama juga terjadi pada sektor-sektor jasa, menunjukkan adanya peningkatan dari -6,35 persen menjadi 6,25 persen pada periode sama.

Hanya saja, selain peningkatan kegiatan sektor di atas, kondisi berbeda terjadi pada sektor pertanian yang menunjukkan perlambatan .

Hal itu bisa dilihat dari indikasi terjadinya penurunan nilai SBT dari -3,54 persen pada triwulan kedua 2016 menjadi -4,19 persen di triwulan ketiga.

Tidak hanya itu, BI mencatat terjadinya penurunan kegiatan ekonomi pada sektor properti seperti perumahan dan pertokoan sejak beberapa bulan terakhir.

Kondisi itu disebabkan, perbankan tidak berani menurunkan atau menyalurkan kredit guna membiayai sektor tersebut. (rhm)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi