Umat Hindu Rayakan Galungan, Kota Denpasar Lengang

Rabu, 07 September 2016 : 19.29
Umat Hindu melaksanakan persembahyangan (dok.kabarnusa)
DENPASAR - Kota Denpasar tampak lengang saat umat Hindu merayakan hari suci Galungan, hari raya besar dalam memperingati kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan) Rabu (7/9/2016).

Di beberapa jalan protokol seperti Gajah Mada, HAyam Wuruk misalnya yang selalu padat dan ramai di hari biasanya, kali ini tampak lebih lengang.

Selain pemerintahan dan perkantoran lainnya tutup libur (fakultatif) selama tiga hari berturut-turut, 6-8 September 2016. Demikian juha pertokoan banyak yang tutup kecuali pasar dan pusat perbelanjaan.

Sejak pagi, umat Hindu berpakaian adat didominasi warna putih sibuk melaksanakan persembahyangan pergi ke pura atau tempat suci keluarga (merajan) untuk menggelar persembahyangan.

Suasana Kota Denpasar hingga pedesaan di Bali. disemarakkan dengan hiasan penjor sebagai lambang kemakmuran yang dipasang di pinggir jalan atau depan rumah umat Hindu.

Demikian juga anak-anak sekolah diliburkan selama dua hingga hingga Hari Raya Kuningan, 5-18 September 2016.

"Iya ini, habis bersembahyang bersama keluarga di Pura, " kata Sastrawan warga Jalan Penatih Denpasar.

Kesempatan libur dimanfaatkannya, selain bersembahyang ke pura, juga sebagai ajang mengunjungi kerabat dan keluarga lainnya untuk mempererat hubungan di antara mereka. (gek)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi