TPI Jembrana Berubah Menjadi Pusat Kuliner Ikan

Senin, 12 September 2016 : 15.20
JEMBRANA- Komplek tempat penimbangan ikan (TPI) Pengragoan di Desa Pengragoan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana yang sebelunya tandus dan gersang kini berubah menjadi warung nakan ikan yang indah dan asri.

Sejak satu bulan ini, warung makan tersebut menjual aneka olahan ikan hasil tangkap nelayan lokal.

Memanfaatkan TPI di pinggir pantai sebelah selatan jalan raya Denpasar-Gilimanuk, warung makan itu kini  ramai oleh pengunjung.

Tempat dan penataan warung makan ini cukup bagus dan cocok dikunjungi karena menu ikan yang ditawarkan sangat beragam.

"Ikannya segar-segar karena diambil langsung dari hasil tangkap nelayan setempat,” ujar Suyanto, pengujung asal Banyuwangi, Senin (12/9/2016).

Warung makan ini, kabarnya dikelola kelompok masyarakat yang terdiri kelompok nelayan dan budi daya ikan.

Lima kelompok ini sepakat membentuk warung makan dengan berbagai ragam olahan ikan segar dengan memanfaatkan banguan TPI yang nyaris tidak difungsikan.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan membenarkan bagunan TPI tersebut kini fungsinya dijadikan warung makan.

Rumah makan dikelola lima kelompok yang terdiri dari kelompok nelayan dan kelompok budi daya ikan gurami yang merupakan binaan Pemkab Jembrana.

Mereka terdiri dari, kelompok Mina Sejahtra, Mina Sejahtra Utama, Mina Sejahtra Lestari, Mina sejahtra Mandiri dan Mina Sejahtra abadi yang merupakan binaan Pemkab Jembrana.

Dia sebenarnya sudah menyampaikan kepada agar bersabar dahulu, buka warung menunggu penataan kawasan tersebut menjadi rest area.

"Tapi semangat lima kelompok itu tidak bisa terbendung,” imbuh Kembang. (dar)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi