Selama Juli Tercatat 1,03 Juta Wisman Berkunjung ke Indonesia

Jumat, 02 September 2016 : 07.21
DENPASAR - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing ke INdonesia pada bulan Juli tahun 2016 mencapai 1,03 juta orang sekaligus rekor tertinggi kunjungan wisatawan asing dalam satu bulan.

Usai mendengar paparan BPS Pusat dalam rilis bulanan, Kepala BPS Bali Adi Nugroho menegaskan, banyaknya kunjungan wisman ke Tanah Air itu, patut mendapat apresiasi.

Harapannya, agar perolehan itu bisa tetap dipertahankan dan kondisi kepariwisatan tetap berada dalam keadaan baik atau kondusif.

"Jumlah itu, melewati barrier di atas satu juta, di mana sebelumnya pada bulan Juli lalu tercatat sebayak 877,6 wisman," sebutnya saat jumpa pers di kantornya Kamis 1 September 2016.

Jumlah itu naik tajam dibanding periode bulan JUni lalu, tercatat 857,7 ribu kunjungan.

Jutaan wisman itu datang ke Tanah Air melalui 19 pintu utama bandara di mana Bandara Ngurah Rai dan Soekarno Hatta, menjadi pintu masuk kedatangan wisman paling besar.

Peningkatan jumlah wisman ke Tanah Air itu, cukup luar biasa bahkan disebut-sebut rekor tertinggi yang dicapai dalam jumlah kunjungan dalam sebulan.

"Turis luar biasa naik tajam, Bandara Ngurah Rai menyumbang jumlah kedatangan turis sebesar 482.201 orang," sambungnya.

Jumlah itu, naik 20 persen dibanding capaian bulan Juni yang tercatat 405.686 orang wisman.

Yang menarik, kunjungan wisman justru paling banyak disumbang dari negara Tiongkok disusul Australia.

Peningkatan jumlah wisman itu tentu saja berdampak pada tingkat hunian hotel berbintang maupun non bintang di Bali.

Dari data BPS menyebutkan, sekira 38,25 persen wisman lebih berminat tinggal di hotel berbintang ketimbang non bintang. Hal itu juga mengsyarat wisman memiliki atau berkemampun lebih memilih berlibur ke hotel bintang.

Sedangkan, rata menginap dari statistika pariwisata tercatat wisman menginap di hotel berbintang 3,01 hari rata-rata antara 3-4 hari. (rhm)



Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi