Misi Asean Cadet Sail, Danlanal Denpasar Sambut KRI Dewa Ruci

Jumat, 16 September 2016 : 00.00
DENPASAR- KRI Dewa Ruci yang merupakan kapal latih bagi Taruna/Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) tiba dan merapat di Dermaga Pariwisata Pelabuhan Benoa Bali, Kamis (15/9/2016).

Kapal Latih dengan julukan Sang Legend ini, memiliki Panjang 58,30 meter dan lebar 9,5 meter yang dikomandani Letkol Laut (P) Widiatmoko Baruno Aji merapat sekitar pukul 07.30 Wita dan disambut Komandan Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa.

Dalam pelayarannya KRI Dewaruci mengemban misi diantaranya sebagai kapal latih taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL); mengenalkan budaya, kesenian, wisata nusantara dan informasi lainnya tentang Indonesia; dan sebagai pengemban Diplomasi Internasional.

Tampak dalam penjemputan Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Danet Hendrianto, LO Kodam IX/Udayana Kolonel Laut (P) Asih Trisno Atmoko, Kasrem 163/Wsa Letkol Inf. Dwipayana, Kasatpolairud AKBP Subagia serta para Kepala Instasi terkait di Pelabuhan Benoa.

Kedatangan KRI Dewa Ruci kali ini dalam rangka Asean Cadet Sail 2016 yang dipimpin Kepala Departemen Ilmu Pengetauan dan Teknologi AAL Kolonel Laut (P) Isworo, selaku Komandan Satgas.

Asean cadet Sail 2016 merupakan latihan dan praktek pelayaran integrasi  Taruna  ASEAN yang kali pertama dan berlangsung selama 26 hari mulai dari tanggal 10 September s.d. 6 Oktober 2016 melalui rute Surabaya – Mataram – Bali – Makassar – Balikpapan – Semarang – Surabaya.

Para peserta terdiri dari Taruna Akademi Angkatan Laut ASEAN, yaitu Indonesia sebanyak 25 Taruna AAL dan 26 Kadet Gabungan dari Negara Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Myanmar. Pelepasan ASEAN Cadet Sail 2016 diawali dengan Peran Parade Roll oleh para Kadet ASEAN di KRI Dewaruci.

Upacara penyambutan di Pelabuhan Benoa Bali diawali dengan pengalungan bunga kepada Dan Satgas ACS 2016, Komandan KRI serta perwakilan taruna.

Mereka disambut tarian panyembrahma merupakan tari penyambutan tamu agung. Setelah selesai tarian dilanjutkan foto bersama dan kunjungan ke KRI Dewaruci.

Kedatangannya di Bali membawa serangkaian misi diantaranya dalam rangka Latihan bersama atau Latek Layar yang melibatkan Taruna Taruni AAL dan Taruna Negara ASEAN.

Setelah sampai di Bali KRI Dewaruci melaksanakan beberapa agenda diantaranya Open Ship untuk masyarakat umum dan anak anak sekolah, kunjungan ke Gubernur Bali, Pangdam, Kapolda, dan Walikota Denpasar.

Di Bali open ship dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai kamis hingga sabtu tanggal 15-17 September 2016 dari pukul 07.00 Wita sampai pukul 22.00 Wita.

Tugas utama open ship ini adalah mengenalkan Angkatan laut melalui Dewaruci kepada generasi muda.

"Seperti pengenalan kapal, tradisi di kapal, alat dan peralatan di kapal, serta mengenalkan visi dan misi Dewaruci selam berlayar,” jelas Letkol Laut Widiatmoko Baruno Aji sesaat setelah Kapal Latih ini singgah di Dermaga Benoa pada Kamis pagi. (rhm)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi