Letkol Tapayasa Pimpin Peringatan 71 Tahun TNI AL di Denpasar

Selasa, 13 September 2016 : 13.14
DENPASAR- Komandan Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa.memipin Peringatan HUT TNI AL di Mako Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Selasa (13/9/2016).

Tanggal 10 September 1945 telah ditetapkan sebagai hari jadi TNI Angkatan Laut. Momen ini mengingatkan kita akan sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada negara dan bangsa.

Sejarah tersebut dimulai pembentukan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut). Organisasi ini dipelopori oleh para pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di Angkatan Laut Belanda dan Kaigun di masa pendudukan Jepang.

Selanjutnya terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) tanggal 5 Oktober 1945, BKR Laut bertransformasi menjadi TKR Laut yang selanjutnya berubah nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). " demikian sambutan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, dibacakan Komandan Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Gusti Bagus Oka Tapayasa.

Upacara dipimpin komandan upacara Mayor Laut (PM) Andi Risal, yang sehari-hari menjabat sebagai Dandenpomal Lanal Denpasar  dihadiri seluruh Perwira Staf, anggota Militer dan PNS Lanal Denpasar.

Turut hadir anggota Pramuka Saka Bahari yang memenuhi Pool Kendaraan Lanal Denpasar dikarenakan tidak bisa dilaksanakan dilapangan Mako Lanal Denpasar dikarenakan sejak pagi wilayah Denpasar diguyur oleh Hujan Deras.

Meski begitu tidak mengurangi kekhidmatan pelaksanaan upacara tersebut.

Kasal dalam amanatnya menambahka, perkembangan kemaritiman Indonesia saat ini memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintah yang memiliki keinginan kuat menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

"Gagasan ini tidak hanya ditujukan untuk mewujudkan ketahanan nasional tapi juga ketahanan regional dan global," tandasnya.

Pada konteks inilah TNI AL berperan sebagai komponen utama pertahanan laut dan berfungsi sebagai penangkal, penindak, dan pemulih.

Kesemuanya harus mampu dijalankan dengan baik agar pelaksanaan pembangunan nasional terbebas dari ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan.

Pada akhir amanat Kepala Staf Angkatan Laut, disampaikan Perintah Harian sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas bagi segenap prajurit TNI, PNS TNI AL.

Peserta Upacara HUT TNI AL ke-71 tahun ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AL, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang dibebankan kepada TNI Angkatan Laut.

Sejumlah rangkaian kegiatan acara HUT TNI AL ke-71 di Lanal Denpasar telah dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya acara bhakti sosial bersih – bersih pantai Kuta, pelepasan tukik, lomba dayung perahu tradisional, lomba burung berkicau, lomba mancing.

Selain itu kegiatan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan HUT TNI AL yaitu donor darah dan bhakti sosial pengobatan gratis akan dilaksanakan di Kabupaten Jembrana Bali. (gek)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi