Jelang Libur Panjang, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG

Sabtu, 10 September 2016 : 10.20
(ilustrasi/dok.kabarnusa)
SURABAYA– Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha dan libir panjang Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat dalam kondisi aman.

Hari raya dan libur panjang jatuh pada 10-12 September 2016.

"Konsumsi LPG pada saat Idul Adha biasanya mengalami kenaikan karena meningkatnya kebutuhan bahan bakar untuk memasak, terutama memasak hasil kurban," kata General Manager Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono dalam keterangan tertulisnya diterima Kabarnusa.com baru-baru ini.

Pertamina sudah mengantisipasi dengan menambah penyaluran sekitar 7% dari penyaluran normal.

Jika pada kondisi normal penyaluran LPG sekitar 108.143 MT per bulan, maka pada bulan ini dilakukan penambahan penyaluran sebanyak 7.661 MT yang didistribusikan di wilayah Jatimbalinus.

Hal ini, untuk memastikan stok LPG di Agen dan Pangkalan dalam kondisi yang aman. Terutama untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk memasak yang kami prediksi meningkat pada masa-masa tersebut.

Ageng menambahkan, jika masyarakat kesulitan menemui LPG dikarenakan pangkalan terdekat tutup pada hari libur, maka bisa membeli LPG di SPBU atau outlet modern terdekat seperti minimarket.

Pihaknya mengantisipasi konsumsi BBM yang meningkat di sejumlah lokasi wisata terkait adanya libur panjang, seperti Bali dan Malang.

Sedangkan konsumsi Solar diprediksi menurun terkait berkurangnya pengiriman barang pada hari libur.

“Kenaikan konsumsi BBM biasanya disebabkan meningkatnya mobilisasi masyarakat saat liburan. Namun karena hanya terjadi di beberapa titik, jadi volumenya tidak signifikan,” sambungnya.

Meski begitu, Pertamina tetap menyiagakan Depot LPG dan Terminal BBM untuk melayani kebutuhan BBM dan LPG masyarakat, termasuk pada Hari Raya Idul Adha. Pertamina juga berkordinasi dengan bank persepsi agar tetap bisa menerima transaksi pada hari libur.

Sementara Area Manager Communication & Relation Jatimbalinus Heppy Wulansari menambahkan, Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk tetap memperhatikan safety baik melakukan pengisian BBM di SPBU ataupun ketika menggunakan LPG saat memasak.

Seperti saat melakukan pengisian di SPBU harap mematikan mesin kendaraan, tidak merokok dan tidak menyalakan api di area SPBU.

Sementara saat menggunakan LPG untuk memasak, harap memperhatikan siklus udara di dalam ruangan memasak dan tidak menggunakan kompor minyak tanah dalam jarak yang berdekatan dengan kompor LPG.

“Dengan demikian masyarakat diharapkan dapat menjalani ibadah Idul Adha dan libur panjang dengan nyaman,” tutur Heppy.

Masyarakat yang mengalami pelayanan BBM & LPG yang tidak memuaskan selama Idul Adha dan libur panjang, dapat menghubungi Contact Pertamina di nomor 1 500 000. (rhm)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi