Tujuh Ribu Peserta Beradu di Maybank Bali Marathon Kelima

Minggu, 21 Agustus 2016 : 08.16
DENPASAR -  Diperkirakan sebanyak 7000 peserta ikut ambil bagian dalam ajang lomba lari internasional “Maybank Bali Marathon” (MBM) pada 28 Agustus 2016 di Gianyar, Bali. 

Dalam rilis diterima Kabarnusa.com, pada MBM tahun kelima ini, lebih dari 7.000 peserta dari 43 negara telah melakukan registrasi, termasuk dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan berbagai negara Asia lainnya.

Juga para penggemar olah raga lari di Indonesia yang terus bertumbuh pesat hingga saat ini.

Diketahui, Rute full marathon (FM) dan half marathon (HM) MBM 2016 telah mendapatkan sertifikasi sejak penyelenggaraan MBM pertama pada 2012 dari International Measurement Certificate number INA2012/009.

Juga telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).  Pengukuran rute dilakukan International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. 

Sementara rute 10K telah mendapat sertifikasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Peningkatan Peserta, sejalan meningkatnya animo MBM 2016, meskipun sudah diadakan penambahan kuota sekitar 40% untuk pendaftaran peserta umum.

Seluruh slot baik di nomor FM (42,195 km), HM (21,0975 km), 10K dan lomba lari anak (children sprint) telah mencapai kuota kurang dari 5 (lima) hari, sejak masa registrasi dibuka untuk umum pada 15 April 2016.  Sebagai perbandingan, tahun lalu slot FM mencapai kuota kurang dari 2 (dua) minggu disusul seluruh slot lainnya 1 (satu) minggu kemudian.

Mengantisipasi meningkatnya peserta terutama untuk faktor kenyamanan dan keamanan, panitia telah mendisain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba.

MBM juga mencatat peningkatan peserta di kategori full marathon (FM), dari jumlah 405 peserta yang finish (finisher) pada 2012 telah meningkat lebih dari 100% mencapai 890 finisher FM pada 2015.  Jumlah finisher FM pada 2016 diproyeksikan akan lebih meningkat lagi mengingat jumlah peserta di kategori ini telah mencapai lebih dari 2.000 peserta pada tahun ini.

MBM 2016 menjadi lomba lari pertama di Indonesia yang akan menggunakan aplikasi smartphone berbasis GPS (Android dan iOS).

Lokasi pelari dapat dimonitor secara real time oleh penonton maupun peserta lainnya. 

Aplikasi smartphone “Event Tracking” Maybank Bali Marathon dari MyLaps ini akan memeriahkan perlombaan karena untuk pertama kalinya penonton dapat memonitor dimana para pelari berada dan dapat memilih tempat untuk memberikan semangat. 

Anggota keluarga dan teman juga dapat memperkirakan kapan pelari akan sampai pada garis finish.  Selain itu, panitia juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk meningkatkan standar keamanan pelari. 

Aplikasi tersebut telah digunakan di lomba lari terkenal di dunia, seperti Rotterdam, Barcelona, Rock‘n Roll Madrid dan Hong Kong Marathon. (gek)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi