Tabanan Raih Adipura Buana, Bupati Eka Bagi-bagi Uang Rp 200 Ribu

Rabu, 31 Agustus 2016 : 23.11
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan  apresiasi kepada petugas kebersihan
TABANAN - Sukses meraih penghargaan Adipura Buana dan Manggala Karya Kencana, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama ratusan petugas kebersihan serta SKPD dan unsur terkait menggelar syukuran di lapangan Tenis indoor, Dangin Carik, Tabanan, Bali, Rabu (31/8/2016)

Sebagai ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada ratusan petugas kebersihan yang menjadi ujung tombak kebersihan, Bupati Eka Wiryastuti pada kesempatan tersebut membagikan uang Rp 200 ribu kepada masing-masing petugas kebersihan.

"Terima kasih kepada para petugas kebersihan pada khususnya dan warga Tabanan pada umumnya, karena Kabupaten Tabanan pada tahun ini memperoleh penghargaan Adipura Buana dan Manggala karya Kencana dari pemerintah pusat," ungkap Bupati Eka Wiryastuti.

Menurut Bupati yang juga penekun spiritual ini, penghargaan Adipura merupakan penghargaan tertinggi atas penyelenggaraan/pengelolaan kebersihan yang identik dengan sampah.

Sementara penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan atas  kebijakan pengendalian penduduk melalui pemanfaatan kontrasepsi dalam rangka menciptakan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga sejahtera.

“Kebijakan pengelolaan kebersihan dan pengendalian pertumbuhan penduduk ini adalah kebijakan strategis yang harus kita lakukan secara berkesinambungan dan harus diimplementasikan dalam prilaku kehidupan masyarakat kita”, paparnya.

Menurut Bupati Eka, masalah sampah di Kabupaten Tabanan saat ini sudah semakin kompleks yang berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Di sisi lain pertumbuhan penduduk yang meningkat yang mencapai 1,2 persen, juga berdampak negatif bagi perekonomian dan upaya peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Terkait hal itu, bupati perempuan pertama di Bali ini menghimbau sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat Tabanan agar membiasakan diri hidup bersih, mengurangi sampah di tingkat rumah tangga dan melaksanakan perilaku untuk mengolah sampah melalui pembentukan Bank Sampah.

"Saya menargetkan, pada tahun 2017 mendatang  setiap Desa di Kabupaten Tabanan harus sudah mempunyai Bank Sampah yang mampu mengolah sampah menjadi berkah rupiah," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara acara syukuran yang juga Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tabanan, I Wayan Sugatra melaporkan, penghargaan Adipura Buana dianugrahkan kepada Pemerintah Daerah yang mempunyai komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan.

Selain itu juga karena pemerintah daerah dinilai mampu menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

"Sedangkan Anugerah Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Bupati yang mempunyai komitmen tinggi baik secara politis maupun operasional terhadap program keluarga berencana," lapornya. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi