Pangdam Udayana Pimpin Pengibaran Merah Putih di Tebing Uluwatu

Rabu, 17 Agustus 2016 : 09.08
Pangdam IX/Udayana, Mayjen Kustanto Widiatmoko menghadiri pengibaran merah putih di tebing Uluwatu (foto:Pendam))
BADUNG - Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko memprakarsai dengan mengajak komponen bangsa di Kota Denpasar dan Badung untuk mengibarkan Bendera Merah Putih ukuran raksasa di Lereng Tebing Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali.

Momen yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, sehari menjelang tanggal 17 Agustus, sebagai  peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Selasa 16 Agustus 2016.

Pengibaran Bendera bertujuan mengajak generasi muda untuk mengenang kembali bahwa kemerdekaan ini  diraih dengan segala pengorbanan, tetesan keringat dan ceceran darah serta pengorbanan jiwa raga para pejuang pendahulu yang harus dihormati dan dipertahankan.

"Kegiatan ini dimaksudkan menumbuh kembangkan, membangkitkan dan menguatkan semangat kebangsaan, semangat nasionalisme dan cinta tanah air anak bangsa ini," tandas Pangdam Kustanto.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Stephanus Tri Mulyono bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Pangdam IX/Udayana.

Amanat itu, bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa  yang besar, Bangsa yang terlahir dari belenggu penjajahan, yang memperoleh kemerdekaannya bukan karena hadiah ataupun pemberian dari penjajah.

Kemerdeakaan diraih atas perjuangan dengan pengorbanan yang tidak terhingga baik harta, jiwa dan raga para pejuang yang telah gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa. Perjuangan para pahlawan yang tidak mengenal lelah serta tanpa pamrih demi satu tekad yaitu kemerdekaan bangsa dan negaranya.

"Kita sebagai generasi penerus bangsa kedepan harus memiliki semangat dan harapan besar untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan pembangunan," sambungya.

Untuk itu, Pangdam mengajak momentum ini dijadikan semangat pantang menyerah para pahlawan kusuma bangsa sebagai tauladan yang dapat memotivasi semangat dan perjuangan dalam rangka meneruskan cita-cita bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.


Kegiatan diikuti berbagai lapisan masyarakat yang terdiri dari organisasi kemasyarakatan, KNPI, FKPPI, Pelajar dan masyarakat serta dihadiri oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta sejumlah undangan lainnya kurang lebih berjumlah 2000 orang.


Antusias kalangan masyarakat dan pelajar juga terlihat saat menyaksikan langsung kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah SMP Ngurah Rai Pecatu, Made Kartika misalnya mendukung kegiatan itu dengan mengerahkan 106 orang peserta didiknya untuk mengikuti pengibaran Bendera Merah Putih.

"Kami merasa senang dan bangga untuk pertama kalinya mengikuti kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih seperti ini," kata Kartika.

Ada bangga dan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air dilingkungan peserta didiknya dengan praktek langsung dilapangan.

Seperti juga disampaikan Sri Dharma Yanti siswi kelas 9 SMP Ngurah Rai Pecatu, senang mengikuti pengibaran Bendera Merah Putih ini.

"Saya bangga mengikuti kegiatan ini sebagai pengalaman pertama. sekaligus bisa memberikan penghormatan terhadap Bendera Merah Putih." katanya. (rhm)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi