Pangdam Udayana: Ingat Rakyat Adalah Ibu Kandung dan Sumber Kekuatan TNI

Kamis, 25 Agustus 2016 : 08.23
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widatmoko irup upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama (foto:pendam udayana)
DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengingatkan jajarannya untuk tidak jauh dari rakyat karena itu sebagai ibu kandung dan sumber kekuatan TNI.

"Ingat rakyat adalah ibu kandung dan juga sumber kekuatan TNI. Jadilah selalu contoh dan pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di lingkungan," tegas Pangdam Kustanto saat sebagai irup Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dari Letkol Inf Benny Rahadian, kepada Mayor Inf Handoko Yudho Wibowo Rabu (24/8/2016).

"Cintailah rakyat. niscaya kekuatan rakyat akan mendukung satuan kalian dengan ikhlas dan penuh kesungguhan," tegasnya lagi di Lapangan Mako Yonif 900 Raider/SBW Singaraja.

Pada saat yang sama, jaga dan pelihara hubungan baik dan kebersamaan dengan segenap komponen masyarakat di wilayah ini, termasuk dengan jajaran TNI lainnya, Polri, dan Pemerintah Daerah.

Menurut Pangdam, Serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran, selaras dengan tuntutan kebutuhan organisasi.

Di samping itu, alih jabatan dan penugasan merupakan momentum bagi para Perwira untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial, serta profesionalitas keprajuritan.

Dia menyampaikan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama merupakan Batalyon yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana.

Satuan ini mengemban tugas pokok melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang, serta tugas-tugas kewilayahan maupun tugas khusus yang diberikan sesuai petunjuk Pangdam IX/Udayana.

Pelaksanaan tugas yang diemban Yonif Raider 900/SBW tersebut mempu-nyai peran penting dalam rangka mem-bantu menciptakan stabilitas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, utamanya di Bali dan Nusa Tenggara.

Dalam konteks Operasi Militer Selain Perang, misalnya, Satuan ini dapat pula diberikan tugas pengamanan VVIP dan membantu Kepolisian dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Batalyon Raider 900/SBW adalah satuan di jajaran TNI AD yang harus memiliki kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, mampu melaksanakan tugas-tugas dalam operasi khusus seperti      Raid Penghancuran dan Pembebasan Tawanan, Operasi Mobud.

Juga, Operasi Lawan Gerilya dan Pertempuran Jarak Dekat dengan motto cepat, senyap dan tepat.
"Kesemuanya itu bukanlah slogan dan kata-kata semata, tetapi suatu kondisi yang harus dimiliki oleh Batalyon Raider 900/SBW “Tegas Pangdam”.

Pangdam IX/Udayana mengharapkan kepada Danyonif Raider 900/SBW yang baru, hendaknya dapat terus meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam menempa dan melatih satuannya.

Pimpin dan bawa Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama menjadi Batalyon kebanggaan dan teladan, tidak saja bagi jajaran Kodam IX/Udayana, tetapi bagi TNI AD dan TNI.

Hadir pada Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama diantaranya Bupati, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten  Buleleng, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam dan pejabat lainnya. (gek)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi