Mantan Menteri Koperasi dan Tokoh ICMI Adi Sosono Berpulang

Sabtu, 13 Agustus 2016 : 19.26
JAKARTA - Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya mantan Menteri Koperasi dan UKM yang juga tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Adi Sasono (73) meninggal dunia pada Sabtu (13/8/2016).

Informasi dihimpun, almarhum berpulang ke Rahmatullah sekira pukul 17.20 WIB di RS Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Rencananya, jenazah almarhum akan dimakamkan besok, Minggu (14/8/2016).

Saat ini, jenazah disemayamkan di kediaman pribadi almarhum di Jl. Swakarya Bawah No. 1 A, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sejumlah rekan almarhum dan mantan pejabat negara menyampaikan ucapan duka cita melalui akun media sosial seperti Ali Masykur Musa, mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2009-2014.

"Inalillahi wainnailaihi rajiun...telah berpulang ke Rahmatullah ayahanda kami tercinta Bapak Adi Sasono pukul 17.15 Wita sore ini." 

"Mohon doanya dan mohon dimaafkan segala kesalagan beliau," tulis Irin, menantu Adi Sasono dalam wahatsapp.

Sejumlah rekan almarhum dan mantan pejabat negara menyampaikan ucapan duka cita melalui akun media sosial seperti Ali Masykur Musa, mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2009-2014.

Berita wafatnya tokoh yang membidangi kelahiran ICMI bersama cendekiawan muslim lainnya seperti almarhum Ahmad Watik Pratiknya, Amin Rais dan lainnya, membuat duka cita mendalam bagi umat Islam seperti Korps Alumi HMI (KAHMI)/.

Ucapan bela sungkawa dan duka cita mendalan disampaikan keluarga besar KAHMI seraya menghaturkan doa untuk mantan Menteri Koperasi dan UKM era Presiden BJ Habibie agar  khusnul khotimah.

Dikutip dari Biografi Adi Sasono, lahir, di Pekalongan, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1943 dari pasangan Adnan Martawiredja dan Sasinah Ranuwihardjo. Ayahnya dikenal tokoh penggerak pembauran warga pribumi dan nonpribumi di Pekalongan.

Setelah tamat SMA, cucu Mochammad Roem ini melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Semasa duduk di bangku kuliah, Adi sudah aktif di sejumlah organisasi kemahasiswaan.

Selain pernah menduduki kursi Ketua Dewan Mahasiswa ITB (1965-1966), ia juga sempat menjadi Ketua Umum HMI Cabang Bandung (1964-1965).

Adi terlibat dalam organisasi mahasiswa, sejak tahun 80-an Adi juga dikenal aktif di sektor kemasyarakatan melalui wadah LSM.
 Pada tahun 1988 hingga 1993, Adi menjadi ketua Tim Pengkajian Pengembangan Perumahan Rakyat di KeLihat Daftar Menteri Menterian Perumahan Rakyat. Ketua Dekopin (2009-2014)

Adi Sasono pernah menjadi ilmuwan senior di BPPT, serta sempat menjabat sebagai anggota Dewan Riset Nasional periode 1993-1999 dan Menteri Koperasi dan UKM era Prrsiden BJ Habibie. (rhm)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi