Jelang Galungan, TPID Pastikan Stok Pangan di Bali Aman

Rabu, 24 Agustus 2016 : 00.30
Kepala KpW BI Bali Causa Iman Karana (foto: kabarnusa)
DENPASAR - Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali Ketut Sudikerta memastikan jaminan stok berbagai komoditas pangan menjelang datangnya Hari Raya Galungan dan Kuningan dalam kondisi aman.

Karenanya, menjelang datangnya hari besar keagamaan sepetyi Galunan dan Kuningan mendatang, TPID Bali menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait di Kantor BI Perwakilan Provinsi Bali Selasa (23/8/2016).

Sudikerta yang Wakil Gubernur Bali memimpin rapat koordinasi, termasuk dihadiri SKPD terkait hingga Asosiasi Peternak se-Bali.

Dikatakan Sudikerta, rapat digelar guna memastikan harga kebutuhan menjelang hari besar keagamaan agar terpenuhi secara baik.

"Saya sudah kordinasikan dengan TPID Kabupaten/Kota bahwa stok daging ayam, daging babi dan daging sapi sudah lebih daripada kebutuhan," tegasnya.

Dengan kata lain, stok kebutuhan daging di atas masih tersedia dan masih aman untuk saat ini.

Kendati begitu, dia meminta kebutuhan bahan pokok lain seperti beras, cabai serta bawang yang sering memberikan inflasi agar tetap dijaga dengan baik,

Solusi menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok adalah dengan digelar kegiatan operasi pasar, khususnya didaerah yang terkena sensus BPS seperti Denpasar, Badung dan Buleleng.

Terkait hal itu, salah satu cara untuk menstabilkan harga berbagai komditas pokok pangan, dalam waktu dekat digelar operasi pasar yang pelaksanaanya diserahkan kepada masing-masing Kabupaten/Kota.

Dengan operasi pasar dan pengenalian inflasi lainnya, Sudikerta mentargetkan Buleleng bisa mengalami deflasi demikian juga dengan Denpasar.

"Saat ini (deflasi) sudah terjadi, sehingga kestabilan  harga bahan pokok komoditi masyarakat kita tetap aman serta inflasi kita juga bisa menurun," sambungnya.

Hal sama ditegaskan Kepala KpW BI Bali Causa Iman Karana bahwa berangkat data BPS khususnya bidang peternakan seperti daging babi, daging ayam, daging sapi, antara kebutuhan dan persediaan masih lebih besar persediaannya.

Dicontohkan, kebutuhan daging menejalng Galungan dan Kuningan, sampai saat ini stoknya mencukupi.
"Ya kita pastikan stoknya aman," tegasnya.

Yang perlu diantisipasi menyangkut jalur distribusi tata niaga, dan jalur perdagangan.

Disinggung soal langkah jangka panjang yang dilakukan dalam menjaga disparitas harga kebutuhan pokok, Iman menegaskan akan membicarakan lebih jauh dengan pihak terkait.

"Ya untuk jangka pendeknya kita gelar operasi pasar," tandasnya sembari memastikan bahwa komiitmen daerah kabupaten dan kota mendukung kegiatan itu sebagaimana disampaikan Wakil Gubernur Sudikerta.

Di pihak lain, Iman juga menegaskan, Denpasar dan Buleleng yang dicacah inflasinya akan jadi perhatian kita disamping kota kota lainnya.

Bersama TPID, pihaknya berusaha menjaga stabilitas harga dan pasokan menjelang Galungan dan Kuningan.

Dengan operasi pasar maka diharapkan bisa meredam gejolak kenaikan harha beberapa komoditas yang berangsur naik sebagaimana terjadi menjalang datangnya hari raya Keagamaan di Bali. (rhm)

Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi