Bupati Eka: Kesenian Okokan Dongkrak Pariwisata di Tabanan

Selasa, 09 Agustus 2016 : 22.21
TABANAN - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berkomitmen melestarikan seni dan budaya Okokan Brahma Diva Kencana, Desa Adat Kediri, Banjar Delod Puri, Tabanan, Senin (8/8/2016) malam sebagai upaya mendongkrak wistawan.

Bupati Eka mengapresiasi semangat warha banjar Delod Puri untuk membangun dan mengembangkan tradisi turun temurun yang dimiliki Desa Adat Kediri.

“Ini merupakan kebudayaan yang harus tetap dilestarikan,  karena  dengan budaya Negara kita di kenal dengan  budaya Negara kita maju,” ungkapnya.

Generasi muda serta masyarakat harus ikut mendukung dan mencintai budayanya, seperti yang dilakukan masyarakat Banjar Delod Puri.

Hal ini akan berdampak pada sektor pariwisata yang tentunya juga mendongkrak perekonomian warga.

“Mudah-mudahan setelah dikukuhkan, kesenian okokan ini akan dilirik oleh para wisatawan sehingga bisa mendongkrak perekonomian warga sesuai dengan ajaran Bung Karno lewat ekonomi kerakyatannya,” imbuhnya.

Ini sangat luar biasa artinya  khususnya masyarakat banjar Delod Puri memiliki prestasi yang akan membawa kesusksesan buat warga dikukuhkan okokan ternyata  sudah mulai dilirik oleh dunia  pariwisasata,

“Ayo semangat kita tunjukkan okokan  mempunyai nilai jual dan bisa memberikan dampak ekonomi kerakyatan sesuai ajaran  Bung Karno bahwa kita harus pro rakyat, yaitu ekonomi kerakyatan,”ungkap Bupati Eka.

Gusti Ngurah Adnyana selaku Ketua Okokan mengatakan, okokan merupakan ciri khas Desa Adat Kediri, yang biasa hadir saat Desa Kediri mengalami kesusahan akibat gerubug atau hama tanaman.

Kemudian di kembangkan menjadi kesenian Okokan yang rutin di pentaskan di bulan Maret setiap tahun menjelang Hari Raya Nyepi tepatnya saat pengrupukan.

Keberadaan okokan ini didasarkan atas keinginan dan semangat kami sehingga dapat membentuk okokan ini dengan berpedoman diantaranya keanggotaan bersifat aktif.

Semua warga banjar delod puri dapat menjadi anggota sekaa, membentuk organisasi sekaa yang dikelola dengan administrasi yang baik dan terbuka.

Juga, membantu program pembangunan Pemerintah melalui Kebudayaan dan pariwisata, khususnya menampung dan menyalurkan bakat seni yang ada di Banjar Delod Puri.

Bendesa Adat  Kediri Anak Agung Ngurah Panji Wisnu  menambahkan  keberadaan okokan  karena tradisi warisan turun temurun. (gus)
Berita Terbaru

Komentar Anda

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi